Pelatihan Simulated Welding Training Machine VRTX Transport™ Dual User bertujuan untuk meningkatkan skills dalam proses pengelasan. Kegiatan dilaksanakan pada hari kamis 27 januari 2022 pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB di Laboratorium Terpadu-Kampus Untirta Sindangsari.

 

Pemateri berasal dari Lincoln Electric yaitu Bapak Wiltia Arhan dan tim. Peserta kegiatan diikuti oleh Dosen Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin yaitu Sulaeman Deni Ramdani ,M.Pd, Haris Abizar M.Pd, Hamid Abdillah M.Pd, Ikhsanudin M.Pd dan Siti Irna Solehah.

Pelatihaan ini dilaksanakan dua sesi, sesi pertama pemaparan materi secara teoritis yaitu penjelasan mengenai profil perusahaan, pengertian, jenis meliputi SMAW, GMAW, GTAW dan FCAW serta perbedaan dari masing-masing jenis pengelasan tersebut. Setelah penjelasan materi baru trainer mendemonstrasikan penggunaan alat simulator las. Sesi kedua ini pemateri menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan dan pengaplikasian simulator las dengan memperhatikan Welding Procedure Specification (WPS), welding position, parameter pengelasan, travel speed, dan lain-lain.

Trainer menjelaskan pula cara mengatur simulator sebelum dapat digunakan dengan mengaturnya sesuai dengan buku panduan yang telah disediakan. Setelah setting selesai barulah simulator las dapat digunakan. Kemudian trainer mempersilahkan kepada peserta pelatihan untuk mencoba mendemonstrasikan alat simulator las satu persatu dengan didampingi dan diarahkan oleh trainer. Penggunaan simulator las dapat meningkatkan kemampuan mengelas untuk posisi yang digunakan, kecepatan las dan sudut las yang digunakan. Selain itu penggunaan simulator las juga dapat menghemat biaya serta material yang digunakan.