Dunia otomotif begitu luas dengan berbagai macam bidang. Salah satu adalah pengecatan bodi kendaraan. Teknik pengecatan membutuhkan ketelitian dan jiwa seni yang baik untuk menghasilkan desain yang menarik. Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan pelatihan pengecatan dan air brush bodi kendaraan selama 3 hari yakni tanggal 20-22 Maret 2023 di Bengkel Otomotif. Pelatihan ini bagian dari perayaan Milad Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin ke-9. Selama pelatihan mahasiswa diajarkan cara pengecat oleh instruktur dari PT. Samurai Paint yang telah banyak memberikan konstribusi di bidang pendidikan melalui pemberian pelatihan pengecatan dan air brush ke kalangan siswa dan mahasiswa.

Pelatihan ini diikuti mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin sebanyak 30 peserta dari berbagai angkatan. Kegiatan yang dimulai dengan pembukaan oleh sambutan Ketua Jurusan, Bapak Sulaeman Deni Ramdani, M.Pd., perwakilan dari PT. Samurai Paint, Bapak Aqwan, dan Wakil Dekan 3 FKIP, Bapak Damanhuri, M.Pd. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni penyampaian materi oleh Trainer Bapak Aqwan dan Co Trainer Bapak Aep Saefullah selama kurang lebih satu jam. Setelah penyampaian materi teori, kemudian peserta langsung praktik cara pengecatan dan air brush pada media helm. Kedua instruktur menjelaskan langkah-langkah proses pengecatan yakni 1) Pemilihan media (helm), 2) Pengamplasan, 3) Epoxy, 4) Warna dasar, 5) Warna inti, 6) Desain atau pola warna inti, dan 7) Clear. Setiap proses kedua instruktur memberikan cara pengerjaan dan mahasiswa aktif bertanya dan mengerjakan setiap tahapan pengecatan.

Kegiatan pelatihan ini memberikan wadah kreativitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan di bidang otomotif khususnya pada pengecatan. Hasil pelatihan ini terdapat 6 mahasiswa yang juara yakni Juara 1 Galang Tegar Darmawan, Juara 2 Sherly Dwi Angrainy, dan Juara 3 Riski Ramadan serta Juara Harapan 1 Gilang Teguh Gunawan, Juara Harapan 2 Diki Purbasari, dan Juara Harapan 3 Risky Aulia Firdaus. Juara 1 sampai 3 berpeluang untuk mengikuti perlombaan Pengecatan di tingkat nasional. Semoga dengan kegiatan pelatihan ini memantik mahasiswa untuk terus berkarya dan mengembangkan jiwa wirausaha di bidang otomotif.