PVTM Gelar Webinar KKL Virtual

Diposting pada

 

”Bergerak maju untuk menyongsong kehidupan baru”

Serang, 29 Juni 2021 – dengan rasa syukur PVTM FKIP Untirta telah menggelar kegiatan Webinar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang bertemakan “Peningkatan Relevansi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Dengan kebutuhan Stakeholder Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industry 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh mahasiswa Ankatan 2017- Angkatan 2020 dan dosen dari PVTM FKIP Untirta. Webinar KKL ini dilaksanakan pada pukul 09.30 a.m – 14.45 p.m WIB dengan rangkaian kegiatan :

pertama, pembukaan. diawali dengan sambutan ketua pelaksana Webinar KKL yaitu Sidik Okta Sudrajat, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan PVTM FKIP UNTIRTA Bapak Sulaeman Deni Ramdani, M.Pd dan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP UNTIRTA Bapak Dr. Dase Erwin, M.Pd.

kedua, kegiatan inti. Dalam menjawab tantangan Revolusi Industry 4.0 PVTM Untirta mencoba menerapkan terobosan baru dengan membangun Link and Match antara PTN dengan Industi dengan tujuan untuk berkolaborasi dalam menghasilkan SDM yang unggul sesuai dengan visi Jurusan PVTM FKIP Untirta, “Menjadi program studi unggulan di bidang Teknik Mesin yang bermutu dan berkarakter pada tahun 2025”. Dalam kegiatan webinar KKL ini PVTM FKIP Untirta menghadirkan Narasumber dari PT. Global Carfix Indonesia yaitu Bapak Ahmad Lugiarto. Tidak hanya dari industry namun dari Lembaga Pendidikan,  PVTM Untirta juga  mendatang narasumber dari SMK N 1 CILEGON yaitu Bapak Widodo, M.Pd. Diselenggarakannya kegiatan webinar KKL ini dengan tujuan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana jika nantinya seseorang yang potensinya dalam bidang Pendidikan juga mampu bersaing dengan seseorang yang background awal dari Teknik Murni. Tidak menutup kemungkinan bahwa sesorang yang backgroundnya dari Pendidikan akan mampu mengikuti persaingan yang ada pada dunia industri dan dapat meningkatkan kolaborasi antara Lembaga Pendidikan dan Industri untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas SDM dan menjawab tantangan revolusi industry 4.0 terutama di bidang Vokasi.  

Tidak hanya itu saja, webinar ini juga mengorat-ngoret tentang tantangan yang harus di hadapi oleh Pendidikan kejuruan di Indonesia, kepala sekolah SMK N 1 Cilegon Bapak Widodo, M.Pd menuturkan bahwa “kunci keberhasilan sekolah adalah keseimbangan antara peranan kepala sekolah menjadi pemimpin sekaligus menjadi pengelola, sehingga kepala sekolah bukan hanya berperan sebagai administrator”. Hal itu perlu di perhatikan terlebih Pendidikan pada saat ini masih terombang-ambing oleh pandemic yang mengharuskan banyak system yang harus dirubah, salah satunya adalah system pembelajaran Pendidikan Kejuruan. Tentunya ini bukan masalah yang sepele, karena ini adalah factor penentu keberhasilan peserta didik maupun pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Ketiga, Penutupan. Acara ditutup dengan pemberian tanda penghormatan oleh bapak haris Abizar, M.Pd selaku sekertaris jurus PVTM FKIP Untirta kepada Bapak Widodo, M.Pd selaku narasumber dan kepala sekolah SMK N 1 Cilegon dan sesi foto Bersama melalui virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *